Thursday, February 27, 2014

Phobia Kegelapan (Achluophobia)

Pernah mendengar istilah Achluophobia? Benar sekali! Achluophobia atau phobia (ketakutan yang hebat) terhadap kegelapan atau suasana gelap. Achluophobia adalah salah satu jenis phobia yang memiliki tingkat pengidap yang cukup banyak.

Tahukan andah bahwa ternyata tidak hanya anak kecil yang takut akan kegelapan. Banyak orang dewasa yang juga takut gelap dan tidak mau ditinggal dalam tempat gelap sendirian. Mereka mengaku merasa sangat takut bahkan sampai pingsan apabila ditinggal di tempat gelap sendirian.  Menurut hasil penelitian dan riset yang dilakukan oleh dr. Warwick Castle menunjukkan bahwa lebih dari 10 persen warga Inggris yang sudah dewasa tidak mau ditinggal di dalam tempat gelap sendirian dikarenakan takut atau phobia terhadap kegelapan.

Hasil riset ini merupakan hasil yang mengejutkan karena banyaknya warga yang mengidap phobia gelap ini yaitu sekitar 5juta orang. Hasil riset ini juga menunjukkan bahwa 60 persen penderita phobia mengaku mengidap phobia sejak kecil dan hingga mereka dewasa dia tidak mampu menghilangkan rasa takutnya terhadap gelap. Bahkan sebagian besar dari mereka juga mengaku bahwa mereka tidak dapat tidur terlelap tanpa menyalakan lampu dan tidak mematikan lampu ketika keluar rumah karena takut akan melihat rumah mereka dalam keadaan gelap ketika pulang.

Pada saat pengidap phobia gelap ini berada di dalam keadaan atau suatu tempat yang gelap, rasa takut akan kegelapannya akan memanipulasi otaknya dengan segala rasa takut dan cemas. Hal ini akan mengakibatkan pengidap phobia kegelapan ini menjadi merasa lemas, bahkan seluruh tubuhnya bisa saja serasa lumpuh dan tidak dapat berbuat apa-apa.

Akan tetapi gelap adalah suatu hal yang tidak akan pernah dapat kita hindari. Gelap adalah salah satu warna alam dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita sebagai manusia. Akan tetapi phobia atau rasa takut akan gelap dapat diobati dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan melakukan terapi wicara dengan berkonsultasi dengan konsultan yang mampu memberikan solusi akan rasa takut dengan gelap. Selain itu ada banyak cara lain yang dapat kita gunakan untuk mengusir dan mengobati phobia takut pada gelap ini.

[Sumber:http://mengatasiphobia.com/]

No comments:

Post a Comment