Friday, December 10, 2010

Sejarah dan Perkembangan FACEBOOK

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg (23), seorang programer komputer yang handal sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Waktu itu dia juga sedang mengambil kuliah dalam bidang psikologi di Harvard.
Pada awalnya, “Facebook” bernama “The Facebook”, nama tersebut diambil dari nama lembaran dokumen yang dibagikan kepada setiap pelajar baru di Harvard yang menampilkan profil murid dan karyawan. Dan dalam waktu 24 jam sejak pelancarannya, 1,200 pelajar Harvard terus bergabung. Satu bulan kemudian, lebih dari separuh pelajar di sana sudah mendata profilenya.
Bulan berikutnya, jaringan tersebut kemudian dengan cepat meluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Standford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Dalam waktu kurun dari empat bulan, 30 kampus telah tergabung dalam jaringan tersebut.
Situs yang beralamat di thefacebook.com tersebut kemudian berubah nama menjadi facebook.com pada bulan Ogos 2005. Nama facebook.com tersebut dibeli dengan harga $200.000 dari Aboutface Corporation.
Pada September 2005, Facebook kemudian membuka jaringannya untuk para siswa SMU, jadi tidak hanya mahasiswa saja. Kemudian disusul untuk pekerja pejabat dan pada akhirnya bulan September 2006, Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat email.

Facebook vs Friendster

Mungkin Facebook tidak sepopular Friendster pada masa itu. Tetapi lambat laun banyak yang memikirkan Facebook akan mengalahkan Friendster. Ranking di Alexa.com pun membuktikan Facebook jauh menandingin Friendster. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu akun baru perharinya Lebih dari 25 juta pengguna aktif menggunakan facebook setiap harinya. Dan rata-rata pengguna menghabiskan waktu minimum sekitar 19 minit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Yang membuat facebook menarik adalah ia dapat mencarikan teman yang mirip dengan profile kita. Kadang teman-teman lama muncul dalam halaman facebook tanpa perlu kita cari. Yang penting informasi yang kita berikan lengkap, misalkan kuliah di mana, angkatan berapa, hobby, pekerjaan, lokasi tempat tinggal dan sebagainya. Dengan begitu dalam sekejap seseorang dapat menemukan teman-teman lama plus teman-teman baru sesuai dengan profile yang sudah diisi di facebook. Dan ini kemudian banyak ditiru oleh halaman jejaring sosial lainnya seperti Friendster dan MySpace.
Facebook juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain dalam mengembangkan dan memperbanyak ciri-ciri di facebook. Tentunya kerjasama ini saling menguntungkan, perusahan-perusahaan tersebut akan juga dapat penghasilan tambahan. Dengan menggandingkan raksasa komputer, Apple Inc., mempromosikan iTunes. Jadi setiap minggu, iTunes akan mengirimkan 25 contoh lagu secara percuma kepada pengguna Facebook yang menjadi anggota Apple Student Group.
Disusul juga dengan ciri-ciri baru seperti blogging, memberikan tagging, memasukkan gambar, mengimpot blog dari halaman Xanga, LiveJournal, Blogger, dan halaman blogging lainnya. Berkat ciri baru tersebut, pembaca boleh memberikan komen terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook.

Perkembangan Facebook

Untuk mengembangkan facebook lebih lanjut, Zuckerberg tidak bekerja sendiri. Ia kemudian meminta bantuan dua temannya (Dustin Moskovitz dan Chris Hugh ) untuk membantu mengembangkan Facebook. Mereka kemudian memutuskan untuk pindah ke Palo Alto (California) dan menyewa apartmen di sana pada percutian musim panas 2004. Setelah beberapa minggu, ia berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster) untuk bekerjasama mengembangkan Facebook. Kemudian disusul Peter Thiel (cofounder Paypal) masuk sebagai investor pertama sebesar 500 ribu US Dolar untuk mengembangkan Facebook. Untuk diketahui juga bahwa Peter Thiel seorang programmer, jadi mungkin saja karena mereka sesama programmer dapat dengan mudah menjalin kerjasama.
Kerana kepopularan Facebook dan jumlah member yang terus melonjak, pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli halaman Facebook seharga 10 juta US Dollar, tetapi ditolak. Begitu juga dengan nasib penawaran lain seperti Viacom (750 juta US Dollar) dan Yahoo (1 billion US Dollar) semuanya ditolak.
Zuckerberg sepertinya dapat melihat masa depan Facebook sehingga tak lama kemudian sokongan dana sebesar 12.7 juta US Dollar masuk dari Accel Partners disusul dengan para pelabur lainnya untuk mengalirkan dana dalam mengembangkan Facebook.

Kesimpulan

Teknologi Informasi sekali lagi menunjukkan keajaibannya. Dimulai dari tahun 2004, dalam waktu 3 tahun Zurkerberg menjadi millionaire muda dan terkaya di dunia sepanjang sejarah yang menghasilkan kekayaan sepenuhnya dari usaha sendiri. Itu juga yang terjadi dengan Google dan YouTube.
Dan untuk diketahui bahwa mereka memang mempunyai kemampuan bisnes yang luar biasa. Dan bisnes bukan selalu diukur dengan wang yang selama ini kita fahami. Seorang pengusaha bisnes mempunyai visi yang luas dan jauh ke depan. Kebetulan Zurkerberg adalah seorang programmer yang mempunyai visi yang luas, walaupun banyak yang menawarinya modal tetapi ia menolaknya untuk kemudian menemukan investor yang tepat. Programmer yang hanya mementingkan bahan atau wang saja, ia akan terus menyerah bila menemui kegagalan. Ia tidak mempunyai kemampuan untuk mempertahankan keyakinannya atau keluar dari masalah yang dihadapi.

No comments:

Post a Comment