Saturday, November 29, 2014

Ikan Anglerfish atau popular dengan nama Iblis Laut ditemui

Pertama Kalinya, Penampakan Ikan Iblis Terlihat

Seekor ikan melanocetus anglerfish atau yang sering disebut 'iblis laut' ditemui untuk pertama kali di kedalaman 600 meter di bawah permukaan Laut Pasifik, wilayah Monterey Canyon.



Menurut Mirror.co.uk, Rabu 26 November 2014, jenis ikan paling sukar ditemui di dunia ini berukuran 9 sentimeter, dengan antena yang bercahaya di atas kepalanya.

Ikan ini memiliki rahang yang besarnya melebihi ukuran tubuh, gigi-gigi yang tajam, serta lentera bercahaya di atas kepalanya, berfungsi untuk menarik mangsa.


Penemuan ikan yang tergolong langka tersebut didokumentasikan oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS).

Spesies ikan melanocetus yang betina ukurannya jauh lebih besar dari jantan. Tim MBARI percaya ini merupakan penemuan pertama yang dilakukan ikan melanocetus yang masih hidup di laut dalam.


Untuk mempelajari lebih lanjut, peneliti menangkap ikan itu lalu disimpan dalam sebuah tangki gelap dengan suhu air dingin, mirip habitatnya. Tapi jangka masa hidup 'ikan iblis' tidak akan bertahan lama.

Sumber: um-fabolous.blogspot.com

No comments:

Post a Comment